Membuat Access Project

Jika semua sudah tersedia, membuat Access Project sebenarnya semudah membalikkan telapak tangan. Artinya sangat mudah.

Apa saja yang perlu tersedia?

Yang pertama perlu tersedia adalah Microsoft Access, baik yang versi 2003, 2007, maupun 2010. Kita tidak bisa menggunakan Access 2013 untuk membuat Access Project.

Yang kedua adalah instalasi MS SQL Server, baik versi 2000, 2005, 2008, maupun 2012 (yang terbaru saat ini). Instalasi SQL Server ini boleh yang berada pada komputer server maupun yang berada pada komputer desktop/laptop yang kita gunakan. Instalasi SQL Server yang berada pada dektop/laptop biasanya yang edisi Express.

Access Project bisa berjalan pada versi MS Access di atas dipasangkan dengan SQL Server versi apa saja, namun jika kita ingin membuat objek database SQL Server dengan Access, maka aturannya: versi Access harus lebih baru dari versi SQL Server. Misalnya anda menggunakan Access versi 2010, maka anda bisa membuat objek pada SQL Server versi 2000, 2005, dan 2008. Namun jika anda menggunakan Access 2007 maka anda hanya bisa membuat objek pada SQL Server versi 2000 dan 2005 saja.

Setelah kedua komponen di atas tersedia, maka tata cara pembuatan Access Project adalah sebagai berikut:


Prosedur di atas -singkatnya- adalah membuat file Access berekstensi.adp

Setelah kita mengklik "Create", akan muncul pertanyaan sbb:


Klik "Yes" untuk menggunakan database yang sudah ada di SQL Server. Jika anda mengklik "No" maka akan muncul wizard untuk membuat database di SQL Server. Untuk bisa membuat database di SQL Server kita harus mempunyai hak (permission) untuk create database (diatur oleh DBA / admin SQL Server).

Setelah klik "Yes" akan muncul Data Link Properties dimana kita memasukkan informasi tentang SQL Server yang ingin digunakan.


Di sini kita perlu mempunyai Login untuk melakukan koneksi ke SQL Server. Login disediakan oleh DBA, atau jika anda menginstal sendiri SQL Server-nya, anda bisa menggunakan Login "sa" atau menggunakan Login Windows (pengaturan login ini ditentukan waktu instalasi SQL Server).

Jika tidak ada hambatan, klik "OK" maka Access Project sudah tercipta dan siap digunakan.


Pada ADP (Access Project), kita sudah dapat melihat daftar table dan query yang ada pada database SQL Server, serta bisa langsung membuka table untuk melihat isinya dan langsung memasukkan data / mengedit / menghapus / memfilter / mencari dan sebagainya. Kita bisa juga langsung membuat dan menjalankan query, bahkan bisa mengcopy hasil query untuk dipaste di Excel, atau diexport dan di-send via email, dan sebagainya. Enak, bukan?

Persoalannya terletak pada bagaimana melakukan koneksi ke SQL Server.

Jika anda tidak punya SQL Server, bagaimana mendapatkan dan menginstalnya.

Jika anda sudah mempunyai SQL Server, bagaimana membuat Login dan memberi permission.

***

Insya Allah kita akan mengupas hal-hal yang berkaitan dengan SQL Server dan Access Project di sini, jadi "stay tuned" di sini ya... atau berlangganan update di sini via email (isi di kolom sebelah kanan) sehingga jika ada posting baru anda akan langsung dikirimi via email.
>> Jangan lupa join milis agar bisa berdiskusi dengan rekan-rekan lain di sana<<

3 comments:

  1. Bang Admin, ada gak ya webhosting yang free dan support ms sqlserver? jadi kita bisa nyoba buat access project yang databasenya dari web hosting

    ReplyDelete
  2. dear admin,
    tolong dong dibahas mengenai cara pembuatan Store Procedure dan bagaimana cara mengeksekusinya. sy newbie di adp, kalo access murni saya sudah sedikit faham.

    ReplyDelete
  3. bang haer, kalo di adp recordnya menjadi not updateabel itu masalahnya dimana nya, sebelumnya saya mengimport accces ke sql server dan berhasil, tetapi setelah saya tarik ke adp jadinya record nya menjadi not updatable
    terima kasih

    ReplyDelete